Rabu, 30 Januari 2013

Gulai Pisang

   Salah satu mulok ( muatan lokal ) disekolah gw , Don Bosco Senior High School tercinta  adalah Traditional Culinary. Nah jadi berhubung semester kemaren gak sempet ngambil nilai praktek, yah mau gak mau semester II dilanjutin. Dan sebenarnya awal semester ini kami ngadain food bazar *assssiiiiikk , tapi karena gapernah ngolah makanan jadinya diundur deh.
   Kebetulan gw sekolah si Sumatera Barat, jadi yah prakteknya berhubungan dengan Minang gitu. Kami dibagi jadi 5 kelompok. Ada yang dapet masakan dari Maninjau, Pariaman, Painan, Pesisir Selatan dan Bukittinggi. Makanan khas Minang terkenal dengan pedes dan santannya. Kelompok gw dapet Pesisir Selatan. Dan setelah dicari apa makanan khasnya, dapatlah GULAI PISANG!! Aneh kan, gw aja baru pertamakali denger. Dan ajaibnya, walaupun belum pernah masak tu makanan, kelompok gw nilainnya paling tinggi *yiipiiieee.. Oke deh ini resepnya, siapa tau mau coba dirumah  XD


GULAI PISANG

Bahan dan bumbu-bumbu
* 1 sisir pisang kepok muda.* 1 potong ikan kering.* 2 gelas santan cair dan 1/2 gelas santan kental.* 1 helai daun kunyit.* 1 batang serai.* 2 biji asam kandis.* Garam secukupnya.


Bumbu yang dihaluskan
* 5 buah bawang merah.* 3 siung bawang putih.* 3 biji kemiri.* 1 sdm cabai giling.* 1 iris kunyit.* 1 iris lengkuas.* 1/2 jahe.


Cara memasak
* Pisang dikupas, dipotong serong. Santan cair direbus dengan bumbu halus, ikan kering dan bumbu yang lain. Aduk-aduk sampai mendidih dan mengental sedikit. Masukkan pisang. Ketika hampir empuk masukkan santan kental, lalu didihkan lagi.



xie xie :D 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar